Dec
27
2013
  • Author:
    Fort Admin
  • Category:
    Blog
  • Share it:
blog_img-bromo

6th Journey for Humanity | The Journey of Bromo 2013

Menjadi suatu hal yang biasa perjalanan panjang suatu komunitas otomotif kendaraan menuju tujuan di luar kota secara bersama-sama. Demikian juga dengan id42ner yang mengadakan perjalanan keluar kota secara bersama dengan tujuan pegunungan Bromo (Jatim). Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 22 Desember – 27 Desember 2013, touring merupakan bagian serangkaian acara tahunan id42ner bekerjasama dengan dari Toyota Asta Motor.
Kegiatan dimulai dari Jakarta yang menggunakan fasilitas rest area km 19 toll Cikampek. Sebagai titik awal keberangkatan semua peserta berkumpul dan menempelkan beberapa stiker serta melengkapi persiapan untuk perjalanan panjang menuju Bromo.

Sebagai informasi member id42ner yang ikut serta dalam rangka touring Bromo ini terdiri dari 13 mobil. Dengan peserta terkecil berumur 6 bulan dan tertua berumur 70 tahun. Merupakan awal tantangan dalam touring, bagaimana membuat perjalan ini menjadi berkesan karena mengikutsertakan keluarga.

Perjalan dimulai dari rest area km 19 pada pukul 10.00 WIB dengan acara sambutan ketua panitia saudara Sata. Dilanjutkan doa bersama dan pengarahan dari saudara Zaky dan saudara Yunan. Dalam perjalanan ini road captain bergantian antara Saudara Yunan dan Saudara Adi Bertindak sebagai marshall saudara Davy dan sweeper oleh penulis. Beberapa aturan dan penjelasan kepada member diberikan agar dalam perjalanan rombongan tetap aman dan tidak merugikan (arogan) bagi pengguna lalulintas lainnya.

Tujuan awal perjalanan adalah menuju kota Semarang, karena rombongan sudah ditunggu kehadiran oleh komunitas fortuner di kota Semarang yang bergabung dalam Semarang Fortuner Community (SFC). Rombongan mulai bergerak dengan melalui toll Cikampek, Pantura Jabar dan Pantura Jateng. Dalam perjalanan ini, tidak lupa beberapa kendaraan member sudah menggunakan radio komunitaski untuk saling berkomunikasi dan kordinasi dalam perjalanan. Memasuki daerah Indramayu sampai dengan Plumbon, cuaca sedikit mendung dan turun hujan cukup deras.
Sebagai pemberhentian awal adalah Rumah Makan Ayam Goreng Demang di daerah Plumbon Cirebon Jawa Barat ditempuh selama ± 4 jam mulai dari Jakarta.

Sekedar melepas penat dan mengisi perut yang mulai lapar karena sudah lama dalam perjalanan sekaligus melakukan ibadah sholat Dhuhur dan Ashar.  Semua peserta langsung menyerbu bermacam pesanan makanan yang sudah dipesan dan tersedia. Penat, lapar dan ngantuk hilang seketika karena sudah cukup beristirahat. Banyak cerita dari semua member walaupun perjalanan belum seperempat dari tujuan akhir ke Bromo.

Rombongan mulai lagi bergerak kearah Timur dengan koordinasi seperti awal dengan beberapa pesan untuk saling mengingatkan antar beberapa member. Selanjutnya perjalanan selepas toll Ketanggungan, berbelok ke kanan mengarah kota Slawi Jawa Tengah. Karena diperkirakan akan tersendat adanya perbaikan jalan pantura mulai Brebes sampai dengan Tegal. Cukup membutuhkan konsentrasi dan komunikasi yang baik, karena sebagian member belum hafal dan terbiasa dengan jalur menuju Slawi. Jalan sempit, kondisi jalan yang ramai dan beberapa ruas jalan berlubang tidak menyurutkan semangat member id42ner menuju kota Semarang. Ditambah lagi sempat beberapa member salah jalur dan berbelok karena padatnya kondisi lalu lintas. Disinilah fungsinya radio komunikasi sebagai alat bantu penting dalam konvoi kendaraan. Pemberhentian selanjutnya adalah kota Tegal, dari kesepakatan member dan road captain mengarahkan berhenti di SPBU yang terkenal dengan 1000 kamar mandinya. Kebetulan waktu sudah menunjukkan saatnya melakukan ibadah sholat Maghrib dan sholat Isya. Selepas selesai beristirahat, rombongan mulai melanjutkan perjalanan menuju Semarang.

Di daerah Kendal setelah melewati Alas Roban, rombongan sudah ditunggu oleh beberapa rekan dari SFC. Kedatangan ini disambut untuk bersama menuju kota Semarang dengan kawalan dari PJR Polda Jawa Tengah. Ternyata ini bagian yang menjadi salah satu kenangan selama perjalanan id42ner ke Bromo. “Pak King…pak King…diinfokan… Rombongan berbaris lurus seperti anak panah…silahkan tambah kecepetan…”. Betapa menjadi pengalaman yang menyenangkan dengan rombongan SFC sebagai pemandu jalan ke Semarang. Terimakasih teman-teman SFC….we pride for U all….

Ternyata kejutan ini belum berakhir, sampai masuk kota Semarang rombongan Jakarta langsung diajak ke dealer Toyota Nasmoco jalan A. Yani untuk dijamu makan dan beristirahat sebelum menuju hotel tempat beristirahat. Duuuuh, apalagi yaaa… Setelah berjejer berbaris rapi baik didepan dan seberang Toyota Nasmoco A. Yani. Rombongan semua dipersilahkan makan dan minum, sebagai tuan rumah Ketua SFC saudara Denny dan Nasmoco. Ada nasi liwet, teh dan kopi panas, termasuk minuman dingin. Benar-benar kita dari member Jakarta seperti saudara sendiri yang dijamu oleh SFC. Padahal baru sekali ini kita semua berjumpa dan bertegur sapa. Suasana ngantuk, lelah dan penat langsung terbang tergantikan canda tawa persaudaraan yang terjalin. Bahkan ada satu member Jakarta yang memerlukan sedikit perbaikan “kingkong”-nya dipersilahkan masuk langsung ke bengkel Toyota Nasmoco. Ini jam 00.00 WIB, dan free silahkan langsung dibawa saja setelah “kingkong” sehat. Terimakasih Nasmoco A. Yani Semarang…

Setelah perjamuan yang meskipun sederhana namun sangat berkesan dari rekan SFC bertempat di Toyota Nascomo A. Yani. Kita semua diantarkan menuju hotel tempat beristirahat melewati jalan protokol kota Semarang. Tidak lupa melalui Tugu Muda dan kebetulan hotel tempat menginap dekat dengan Simpang Lima Semarang. Selama perjalanan walaupun cuman sebentar sudah cukup membuat Semarang malam itu berubah meriah.  Esok harinya persiapan pagi dilakukan untuk melanjutkan perjalanan ke Bromo dengan tujuan awal kota Surabaya. Apalagi mengingat hari itu adalah hari Jumat, dimana sebagian harus melaksanakan ibadah sholat Jumat. Setelah selesai dengan persiapan dan check out hotel, ternyata rekan SFC sudah menunggu dan mengajak sarapan lagi…!!! Betapa enaknya memiliki saling bersilaturami dan menjalin persaudaraan. Semua rombongan dipersilahkan untuk makan dan minum di warung Soto pak Min…maaf daerahnya penulis lupa. Selesai acara sarapan, rombongan diajak menuju kearah luar kota menuju Toyota Nasmoco Semarang Timur sebagai titik perpisahan dengan rekan-rekan SFC.

Filckr Album Photo Gallery

(Danang Gadro)